Kisah Almarhum Dokter Andhika, Sejak Awal Siap Syahid Melawan COVID-19

Medan, – Kepergian salah satu pejuang COVID-19 Sumatra Utara, Dokter Andhika Kesuma Putra di Rumah Sakit Columbia Asia Medan, Sabtu (1/8/2020) meninggalkan duka mendalam. Tidak hanya untuk keluarga, tapi juga rekan-rekan sejawat.

Dokter Indra Feriadi, salah satu rekan dokter Andhika di RS Columbia Asia mengatakan dunia medis sangat kehilangan sosok berdedikasi sepertinya. Indra memuji kontribusi mendiang Andhika dalam melawan COVID-19.

“Bagi saya dia sudah seperti abang. Dia orang yang baik, pintar, gak pelit ilmu, sayang keluarga dan salih. Sepenglihatan saya, dia selalu salat berjemaah di masjid,” kata Dokter Indra kepada , Sabtu (1/8/2020).

1. Sejak awal siap syahid lawan COVID-19

Kisah Almarhum Dokter Andhika, Sejak Awal Siap Syahid Melawan COVID-19instagram/andhikaparu

Dokter Indra menceritakan bagaimana perjuangan Andhika melawan penyakit COVID-19. Dokter Andhika sejak awal menjadi bagian dari tim gugus tugas Sumut.

“Sejak awal dia sudah siap syahid untuk perang lawan COVID-19 ini. Dia memang bagian dari tim gugus tugas COVID-19 di Sumut. Walaupun dia gak PNS.Dia juga berperan saat awalnya RS GL Tobing beroperasi sebagai RS rujukan COVID-19,” kata pria yang juga dokter tim PSMS ini.

2. Sudah banyak sembuhkan pasien COVID-19

Kisah Almarhum Dokter Andhika, Sejak Awal Siap Syahid Melawan COVID-19instagram/andhikaparu

Dokter Andhika juga jadi salah satu dokter yang menangani langsung pasien COVID-19 di RS Columbia Asia. Bahkan sudah banyak menyembuhkan pasien.

“Alhamdulillah sebenarnya sudah sangat banyak pasien (COVID-19) berhasil dia sembuhkan. Tapi Allah lebih sayang dia,” kata Indra.

Baca Juga: Kepergian Dokter Andhika Viral di Medsos, Netizen Ucapkan Duka

3. Kondisi dokter Andhika sebenarnya sempat membaik

Kisah Almarhum Dokter Andhika, Sejak Awal Siap Syahid Melawan COVID-19Ilustrasi corona. /Mardya Shakti

Saat dirawat, dokter Andhika sempat menunjukkan perkembangan positif. Namun belakangan kembali melemah.

“Sudah terlalu lama almarhum menjalani cobaan terkena COVID-19. Banyak dokter-dokter senior baik dari Medan ataupun luar Medan ikut membantu beliau, tapi Allah berkehendak lain. Sempat membaik beberapa hari di rumah sakit, tapi kemudian beliau kembali drop. Sampai akhirnya meninggal Sabtu ini,” beber Andhika.

 

4. Berharap perjuangan para dokter disadari warga yang masih acuh terhadap COVID-19

Kisah Almarhum Dokter Andhika, Sejak Awal Siap Syahid Melawan COVID-19Ilustrasi pasien COVID-19 (/Sukma Shakti)

Indra berharap perjuangan para dokter dalam melawan COVID-19 mendapat apresiasi. Bukan dengan bertepuk tangan, tapi bersikap untuk peduli terhadap orang lain.

“Sayang masih banyak orang-orang gak peduli dengan dirinya sendiri dan justru merugikan orang lain dengan tidak patuh terhadap protokol COVID-19. Masih banyak berkeliaran di luar gak pake masker. Nongkrong suka-sukanya. Padahal sudah berapa banyak yang meninggal termasuk para dokter,” beber Indra.

 

5. Almarhum telah dimakamkan di Pemakaman khusus COVID-19 Simalingkar

Kisah Almarhum Dokter Andhika, Sejak Awal Siap Syahid Melawan COVID-19Dokter Andhika Kesuma Putra (Dok./istimewa)

Dokter Andhika Kesuma Putra merupakan dokter spesialis paru yang mendedikasikan dirinya di banyak rumah sakit. Dia meninggal di usia 38 tahun, Sabtu (1/8/2020). Banyak yang berduka atas kepergiannya. Terlihat jenazah disalatkan rekan-rekannya di depan rumah sakit.

Juru Bicara Gugus Tugas Medan, Mardohar  Tambunan menjelaskan, jenazah telah dikebumikan dengan protokol Covid-19 di TPU khusus di pemakaman Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan.

Baca Juga: Dokter Muda Spesialis Paru Meninggal di Medan, Dikenal Pekerja Keras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *