Terbitkan Ingub, Anies Minta Setiap Wilayah Kembangkan Kesenian Jakarta

Pemprov DKI Jakarta berencana memfasilitasi kegiatan pelatihan, pembinaan, dan pengembangan kesenian di wilayah Ibu Kota.

Hal tersebut berdasarkan Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 45 Tahun 2020 tentang penciptaan dan pengembangan ekosistem berkesenian di DKI Jakarta. Ingub tersebut telah ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 17 Juli 2020.

Anies meminta agar para walikota dan bupati dapat melaksanakan Ingub tersebut dengan berkoordinasi bersama para perangkat daerah. Mulai dari camat hingga lurah setiap wilayah.

“Para camat dan lurah melakukan kegiatan pelatihan, pembinaan, dan lomba kesenian di lingkungan masing-masing dan bekerjasama dengan RT, RW dan PKK,” bunyi Ingub tersebut yang dikutip Liputan6.com, Rabu (29/7).

Lalu lurah dan camat dapat mengusulkan dan menyiapkan sarana kesenian dalam pelaksanaan Musrenbang. Kemudian menyediakan kantor lurah dan camat sebagai sarana pelatihan dan pembinaan kesenian di masing-masing wilayah.

Kemudian, lurah dan camat melaksanakan lomba dan kompetisi kesenian antar RT, RW, kelurahan, dan kecamatan secara teratur.

“Biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan Ingub dibebankan pada APBD melalui dokumen pelaksanaan anggaran satuan unit kerja atau unit kerja perangkat daerah masing-masing,” ujar dia.

Selain itu, Anies juga meminta agar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk ikut serta dalam memasarkan produk kesenian tersebut.

“Para pengelola tempat hiburan, tempat wisata dan rekreasi, tempat makan, penginapan, dan agen perjalanan,” ujar dia.

Reporter: Ika Defianti [gil]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *