Satgas: Tahun Depan Kita Miliki Ruang Fiskal yang Cukup

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin, memastikan ruang fiskal pemerintah di tahun depan sudah cukup. Bahkan, dari kajian dilakukan pihaknya, kebutuhan anggaran di tahun depan sekiranya bisa untuk pemulihan ekonomi.

“Kami memastikan bahwa untuk tahun depan kita memiliki ruang fiskal yang cukup. Dan kami sudah persiapkan, sudah mengajukan, dan kami sudah anggarkan ruang fiskal yang cukup untuk bisa mengganjal aktivitas ekonomi di tahun depan,” jelas dia di Jakarta , Rabu (29/7).

Di samping itu, pemerintah juga tengah mencermati kemungkinan adanya vaksin di tahun depan. Kebutuhan anggaran tersebut pun sudah dipersiapkan pemerintah jika memang vaksin siap diproduksi di 2021.

“Tapi kami persiapkan, kalau implementasinya butuh waktu,” imbuh dia.

1 dari 1 halaman

Angggaran Stimulus

Sementara itu, terkait dengan anggaran stimulus diberikan pemerintah sebesar Rp695 triliun pada tahun ini, pihaknya menutup celah untuk melakukan penambahan. Mengingat anggaran disediakan itu masih minim serapannya. Sehingga tidak perlu ada penambahan.

“Stimulus yang sudah disiapkan 695 Triliun itu belum terpakai semua. Jadi kita masih punya room yang cukup banyak untuk bisa memberikan stimulus fiskal mengganjal perlambatan ekonomi karena memang tidak adanya kontak fisik akibat pandemi ini,” kata dia.

[idr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *