Satgas Pemulihan Ekonomi Dapat Tugas dari Jokowi Agar RI Tak Masuk Jurang Resesi

Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya telah mendapat amanat dari Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) agar Indonesia tidak masuk ke dalam jurang resesi.

Oleh karenanya, Jokowi mengarahkan agar komite tersebut bisa mempercepat dan mengoptimalisasi serapan anggaran untuk stimulus sampai akhir 2020. Sehingga pertumbuhan ekonomi nasional tidak sampai negatif di sepanjang kuartal ketiga tahun ini.

“Satgas Ekonomi diberikan pesan khusus oleh beliau agar bisa menjaga pertumbuhan ekonomi, terutama karena di kuartal III sampai akhir bulan September penting sekali kita jaga, agar pertumbuhan ekonominya diusahakan sebisa mungkin tidak negatif,” ujarnya dalam sesi teleconference, Rabu (29/7).

Selain itu, Jokowi juga berpesan kepada Satgas Pemulihan Ekonomi untuk bisa menjaga ketersediaan lapangan kerja, serta memastikan agar level pendapatannya mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Lebih lanjut, Budi menuturkan, komite yang dibawahinya dinamakan Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi lantaran pemerintah ingin tim tersebut mampu mengawal pemulihan ekonomi yang bersifat cepat tapi juga berdampak untuk jangka panjang.

“Kami diingatkan oleh pak Airlangga dan Pak Erick Thohir untuk memastikan program-program kita, dimana kita akan spending ratusan triliun di sini. Selain dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi juga bisa dimanfaatkan untuk transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental untuk masa yang akan datang,” paparnya.

1 dari 1 halaman

Pemulihan Jangka Panjang

panjang rev1

Untuk pemulihan jangka pendek, pemerintah telah menyiapkan berbagai insentif atau stimulus fiskal agar roda perekonomian di masyarakat tetap berjalan.

“Ada banyak program yang sudah dibikin, tapi kami melihat bahwa kuartal III ini penting. Kami akan fokus ke beberapa program yang secara spesifik tugasnya adalah mencoba menahan dan menjaga pertumbuhan ekonomi, dan tugasnya juga untuk menjaga lapangan kerja,” pungkasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

[idr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *