Pegawai Gedung Sate Positif Corona, Pemprov Jabar Lacak 800 Orang 

Bandung, – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bergerak cepat dengan melakukan pelacakan (tracing) kepada 800 orang yang melakukan kontak erat dengan 40 pegawai positif COVID-19 yang bekerja di Gedung Sate.  Setidaknya, dari satu kasus positif akan dicek minimal sebanyak 20 orang yang berada dekat dengan pasien.

“Semua data by name, by addres, kami sudah punya sehingga mereka yang sempat kontak erat akan langsung dilacak,” ujar Sekretaris Daerah Pemprov Jabar Setiawan Wangsaatmaja dalam konferensi pers di Gedung Sate, Jalan Diponegoto, Kota Bandung, Kamis (30/7/2020).

1. Tes swab mereka akan dilakukan di Labkesda Jabar

Pegawai Gedung Sate Positif Corona, Pemprov Jabar Lacak 800 Orang /Debbie Sutrisno

Menurut Setiawan, mereka yang terlacak melakukan kontak erat akan diminati untuk ikut tes swab (usap). Pengetesan rencananya dilakukan di Labkesda Jabar. Semuanya gratis tidak dipungut biaya.

Selain keluarga mereka yang positif terpapar corona, pengetesan ini juga bisa dilakukan kepada rekan di luar pekerjaan harian atau orang yang sempat bertemu dan merasa melakukan kontak erat.

“Kami sudah coba lakukan pelacakan ke mana saja mereka seminggu terakhir. Karena bisa jadi setelah pulang kerja itu ada yang langsung pulang atau pergi ke tempat lain dulu,” ujar Setiawan.

2. Mayoritas melakukan isolasi secara mandiri

Pegawai Gedung Sate Positif Corona, Pemprov Jabar Lacak 800 Orang Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Setiawan mengatakan, dari data yang dihimpun saat ini 40 pegawai yang positif COVID-19 sudah diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri. Selain itu, untuk pegawai yang lain pun sudah diminta untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH).

WFH ini dilakukan sejak hari ini sampai 14 Agustus 2020. Di area Gedung Sate nantinya bakal dilakukan penyemprotan desinfektan untuk meminimalisir pertumbuhan virus corona.

3. Tetap waspada meski protokol kesehatan telah dijalankan

Pegawai Gedung Sate Positif Corona, Pemprov Jabar Lacak 800 Orang Dok.Humas Jabar

Setiawan pun mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada akan penularan virus ini. Dengan ditemukannya 40 orang yang positif terpapar virus di Gedung Sate menandakan bahwa virus ini masih ada di sekitar kita.

Salah satu hal yang akan coba diperbaiki Pemprov Jabar adalah bagaimana agar ruang bekerja bisa memilki ventilasi yang baik sehingga sirkulasi udara lebih maksimal dengan udara segar masuk ke ruang kerja.

“Kemudian tetap gunakan masker di manapun, atur durasi pertemuan dan jaga jarak kita,” pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] 40 Pegawai di Gedung Sate Dipastikan Terpapar COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *