Masjid Agung Jawa Tengah Gelar Salat Id, Jemaah Wajib Jaga Jarak

Semarang, – Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) memastikan bakal menggelar salat Idul Adha 1441 Hijriyah pada Jumat besok (31/7/2020). Untuk pelaksanaannya, pengelola masjid di Ibukota Jateng tersebut mewajibkan para jemaahnya untuk berjaga jarak sesuai aturan COVID-19.

1. Jemaah MAJT akan disemprot cairan antiseptik dan harus jaga jarak

Masjid Agung Jawa Tengah Gelar Salat Id, Jemaah Wajib Jaga JarakPetugas memeriksa suhu tubuh anak-anak yang akan mengikuti salat Id berjamaah di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Minggu (24/5). (/Prayugo Utomo)

Ketua Pengurus Pusat MAJT, Noor Achmad mengaku besok akan memberlakukan protokol kesehatan bagi seluruh jemaah salat Ied.

 

Pengurus MAJT sudah diminta cek suhu tubuh tiap jemaah. Lalu menyemprotkan cairan antiseptik dan wajib jaga jarak selama salat Ied berlangsung.

“Wajib jaga jarak, dan mentaati aturan kesehatan. Bila jemaah tidak menaati ketentuan tersebut maka akan diminta pulang oleh petugas,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga: Mampu Tingkatkan Daya Ingat, Ribuan Orang Baca Alquran Tartil di MAJT

2. MAJT sembelih 11 sapi dan 5 kambing

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Viral, Pelajar SMP di Kudus Jadi Korban Bully Gegara Rebutan Cowok
  • Belasan Calon Pengantin di Semarang Tertipu WO Abal-abal
  • Pasien Meninggal di Semarang Karena Broncopneumonia Bukan Virus Corona

Masjid Agung Jawa Tengah Gelar Salat Id, Jemaah Wajib Jaga Jarakfacebook

Dengan mengusung tema Haji dan Ibadah Kurban Mengukuhkan Persatuan, ia nantinya akan jadi khotbah salat Ied. Untuk imam salat yang dipilih yaitu KH Zaenuri Achmad Alkhafid.

Sedangkan menurut Kasubag Humas MAJT Beny Arif Hidayat, pihak masjid akan menyembelih 11 sapi dan 5 kambing usai salat Ied.

3. Daging kurban akan diantarkan ke rumah warga untuk cegah kerumunan

Masjid Agung Jawa Tengah Gelar Salat Id, Jemaah Wajib Jaga Jarak/Gregorius Aryodamar P

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini proses penyembelihan tidak akan dilakukan untuk umum. Tapi daging kurbannya langsung dibagikan ke masyarakat untuk mencegah kerumunan.

“Setiap petugas akan bagikan langsung ke rumah warga. Nantinya diantar oleh koordinator masjid ke rumah warga,” katanya.

Hewan kurban di MAJT berasal dari berbagai instansi dan perorangan. “Setelah uangnya dibelanjakan total kami akan menyembelih 11 sapi dan 5 kambing,” terangnya.

Baca Juga: Ganjar Imbau Warga Jateng Potong Hewan Kurban Iduladha di RPH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *