Kejagung Sebut Pertemuan Kajari Jaksel-Pengacara Djoko Tjandra Tak Ada Pelanggaran

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah selesai melakukan pemeriksaan terkait pertemuan antara pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Anang Supriatna, sebagaimana isi video yang viral di sosial media.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono menyampaikan, penyidik tidak menemukan adanya pelanggaran dalam pertemuan tersebut.

“Tidak ditemukan adanya bukti permulaan terjadinya pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, sehingga klarifikasinya atau pemeriksaannya dihentikan,” tutur Hari dalam keterangannya, Rabu (29/70).

1 dari 1 halaman

Beredar di Sosmed

Belakangan beredar di media sosial video pertemuan antara Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dengan pengacara buronan Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Belum diketahui pasti waktu pertemuan tersebut.

Terkait hal itu, Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono mengaku tengah menelusurinya. Ia sedang meminta konfirmasi dari Kajari Jaksel.

“Ya kami masih melakukan klarifikasi, apakah betul di video itu? kan gambarnya tidak jelas tuh, gambarnya tak jelas, yang ada di ruangan itu siapa saja, ini kan butuh klarifikasi saya dan kami sedang melakukan itu,” kata Hari saat diskusi Polemik Trijaya, Sabtu (18/7).

Pun Hari meluruskan, terkait viralnya sejumlah foto beredar yang menampilkan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dengan staf di Kejaksaan Agung. Menurut dia, semua harus dicek kebenaran, utamanya tahun pengambilan foto tersebut kapan.

“Kalau foto kita harus cek dulu. Itu foto tahun berapa. Kalau Jaksa sama pengacara di pengadilan, foto, kayaknya biasa-lah ya,” nilai Hari.

Hari menilai, sesuai pengalamannya sebagai jaksa, momentum bertemu pengacara terdakwa, atau tim majelis hakim di persidangan adalah hal lumrah. Terlebih, hal itu kini sangat mudah beredar di era digital.

“Kalau pas lagi sidang atau pas lagi duduk kan ketemu lawyer, juga ketemu temen-temen hakim, ketemu teman-teman lainnya. Dan di era digital ini foto bersama saya kira biasa itu,” beber Hari.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com

[eko]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *