Hati-hati! Usia 31-45 Tahun Jadi yang Paling Banyak Terpapar COVID-19!

Jakarta, – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, memaparkan tentang perkembangan kasus virus corona di Indonesia. Ia menyebut, per Selasa, 29 Juli 2020, kasus positif terbanyak disumbang oleh masyarakat di rentang usia 31-45 tahun. 

“Kasus positif dikontribusikan oleh masyarakat dengan usia antara 31 sampai 45 tahun sebesar 31,3 persen. Jadi yang positif dari usia 31 sampai 45 tahun kontribusinya adalah 31,3 persen,” ujar Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube BNPB Indonesia, Kamis (30/7/220).

1. Usia di atas 45 tahun menjadi usia dengan jumlah meninggal terbanyak

Hati-hati! Usia 31-45 Tahun Jadi yang Paling Banyak Terpapar COVID-19!Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Sementara itu, kasus yang meninggal terbanyak adalah usia di atas 45 tahun, dengan persentase sebesar 78 persen. Oleh sebab itu, Wiku meminta masyarakat untuk saling menjaga keluarganya dari ancaman COVID-19.

“Jadi ini adalah sangat tinggi dari usia rentan yang potensi meninggal yaitu pada usia di atas 45 tahun,” jelas dia.

Baca Juga: Dua Kali Tes Swab, Timnas Indonesia Negatif COVID-19

2. DKI Jakarta masih jadi wilayah dengan penyebaran COVID-19 tertinggi

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Pengakuan Korban Fetish Kain Jarik, Awalnya Kasihan Malah Dilecehkan
  • Heboh Rambut Pasha ‘Ungu’, Kemendagri: Gak Ada Aturannya, Gak Masalah
  • Muhammadiyah: Nadiem Datang Minta Maaf dan Janji Evaluasi POP

Hati-hati! Usia 31-45 Tahun Jadi yang Paling Banyak Terpapar COVID-19!Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (YouTube.com/BNPB Indonesia)

Wiku kemudian memaparkan tentang perkembangan kasus COVID-19 terbaru di setiap provinsi. Menurut data yang masuk pada Rabu, 29 Juli 2020, kata Wiku, DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan penyebaran kasus virus corona terbanyak.

“Lima provinsi penyumbang kasus terbesar di Indonesia per 29 Juli adalah DKI Jakarta dengan jumlah 577, Jawa Timur dengan jumlah 359, Jawa Tengah dengan jumlah 313, Sumatera Utara 241, dan Sulawesi Selatan dengan jumlah 128. Ini adalah daerah yang kebetulan daerah mudik, dan ini adalah kasus dalam satu hari,” sebut Wiku.

3. WHO sebut bepergian saat virus corona layaknya keputusan hidup dan mati

Hati-hati! Usia 31-45 Tahun Jadi yang Paling Banyak Terpapar COVID-19!Ketua Tim Pakar Gugus Tugas COVID-19 Wiku Adisasmito (Dok. BNPB)

Melihat data tersebut, Wiku pun meminta masyarakat untuk mempertimbangkan kembali jika ingin mudik di Lebaran Idul Adha. Dia juga meminta agar kontak langsung antara yang muda dan usia rentan untuk dihindari.

“Kita harus betul-betul berhati-hati, khususnya masyarakat berusia muda yang tingkat positif potensinya tinggi sedangkan yang meninggal pada usia di atas 45 jumlah yang sangat tinggi. Maka dari itu kita harus betul-betul menghindari terjadinya kontak antara yang muda dengan yang usia rentan,” ucap dia.

“Seperti dikutip dari WHO pada hari Senin lalu, dikatakan oleh direktur Jenderal WHO Dokter Tedros bahwa bepergian saat pandemik corona layaknya keputusan hidup dan mati. Ini adalah pesan internasional dan tidak terbatas hanya untuk kepentingan Indonesia,” lanjut Wiku.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Kaesong, Kota dengan Virus Corona Pertama di Korea Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *