Dinkes DKI Terbuka Jika Perkantoran Ingin Validasi Data Kasus Covid-19 Karyawan

Pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan terbuka terkait data kasus positif Covid-19 karyawan perkantoran di Ibu Kota. Perkantoran yang ingin melakukan pengujian kebenaran data kasus positif Covid-19 itu dipersilakan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Kalau memang ada klarifikasi atau perlu konfirmasi tentunya kami terbuka terhadap validitas suatu data,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, Rabu (29/7).

Menurut dia, data jumlah karyawan terpapar Covid-19 yang dikemukakan ke masyarakat berdasarkan hasil pemeriksaan di laboratorium. Selain itu terdapat pula laporan dari sejumlah fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit.

“Dari situlah kami akan melakukan tracing (penelusuran) kontak kasus positif tadi untuk dilakukan pendalaman apakah ada semacam pengumpulan atau klastering dalam suatu kasus positif tadi,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Dwi Oktavia membenarkan adanya ratusan karyawan perkantoran di Ibu Kota yang terpapar vCovid-19.

Dia menyebutkan berdasarkan data yang ada saat ini jumlah karyawan yang terpapar Covid-19 sudah mencapai 440 orang di 68 perkantoran.

“Iya benar, itu menjadi kewaspadaan kita bersama,” kata Dwi saat dihubungi Liputan6.com, Senin (27/7).

Dia menyebutkan berdasarkan data yang ada saat ini jumlah karyawan yang terpapar Covid-19 sudah mencapai 440 orang di 68 perkantoran.

Dia mengimbau agar perusahaan dan karyawan tetep melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Mulai penggunaan masker, jaga jarak aman, hingga kapasitas ruangan.

“Saat makan siang jangan berkerumun,ngobrol berhadap-hadapan dalam jarak dekat, harus sering cuci tangan. Kalau tidak enak badan jangan masuk kerja,” ucapnya.

Selain itu, dia juga mengimbau agar perkantoran yang memiliki akses jendela dapat dibuka setiap beberapa waktu. Hal tersebut guna sirkulasi udara di ruangan kerja.

Reporter: Ika Defianti [gil]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *