Diduga Terpapar dari Gedung Sate, Seorang PNS di KBB Positif COVID-19

Bandung Barat, – Seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinyatakan positif COVID-19.

PNS yang dinyatakan positif itu merupakan pegawai yang bertugas di Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan) Bandung Barat diduga terpapar dari salah seorang pegawai di Gedung Sate.

1. Penyemprotan dilakukan usai diketahui ada PNS positif

Diduga Terpapar dari Gedung Sate, Seorang PNS di KBB Positif COVID-19Ilustrasi penyemprotan disinfektan. Masjid Al Azhom, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, setelah adanya satu PNS di lingkungan Pemda KBB dinyatakan positif, pihaknya langsung mengerahkan anggotanya untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar perkantoran Pemda KBB.

“Penyemprotan disinfektan ini dilakukan karena diindikasi ada salah seorang PNS di salah satu dinas di lingkungan Pemda Bandung Barat yang terkonfirmasi positif COVID-19. Yang bersangkutan bertugas di Dispernakan,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (30/7/2020).

2. Terpapar dari pejabat di Gedung Sate

Diduga Terpapar dari Gedung Sate, Seorang PNS di KBB Positif COVID-19(Suasana Gedung Sate Pasca Kabar Pegawai Diindikasikan Positif COVID-19) /Azzis Zulkhairil

Dari hasil penelusuran, PNS positif COVID-19 itu diduga terpapar dari salah satu pejabat di Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebab, menurutnya PNS yang bersangkutan belum lama ini sempat menggelar pertemuan dengan salah satu pejabat Pemprov Jabar yang juga dinyatakan positif COVID-19.

“Dari penelusuran Gugus Tugas dugaan sementara yang bersangkutan telah mengadakan pertemuan dengan salah seorang pejabat di Pemprov Jabar beberapa waktu lalu,” paparnya.

3. Karyawan dan kontak erat di lingkungan dinas sudah swab test

Diduga Terpapar dari Gedung Sate, Seorang PNS di KBB Positif COVID-19lavoixdunord.fr

Duddy menyampaikan, Gugus Tugas saat ini sudah melakukan penelusuran terhadap kontak erat pegawai Dinas tersebut. Seluruh karyawan yang pernah kontak fisik langsung dengan yang bersangkutan pun sudah menjalani tes usap atau swab test.

“Saat ini orang-orang yang kontak erat dengan yang bersangkutan termasuk seluruh karyawan di Dinasnya telah dilakukan test swab,” terangnya.

4. 20 petugas diterjunkan untuk sterilkan kantor

Diduga Terpapar dari Gedung Sate, Seorang PNS di KBB Positif COVID-19Ilustrasi penyemprotan disinfektan (/Istimewa)

Untuk menghentikan penyebaran COVID-19, Duddy menerjunkan 20 petugas dari BPBD dan Satpol PP untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kantor Dinas terkait. Penyemprotan itu menyisir ruang kerja dan ruang yang intens digunakan beraktivitas.

“Personil BPBD dan Satpol PP sebayak 20 orang melakukan penyemprotan disinfektan ke setiap gedung di kompleks perkantoran pemda,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *