COVID-19 Kembali Kepung Xinjiang, Ada Tambahan 96 Kasus Baru!

Jakarta, – Tiongkok melaporkan 105 kasus baru COVID-19 pada Rabu 29 Juli 2020. Jumlah ini naik dari 101 kasus sehari sebelumnya, menurut otoritas kesehatan pada Kamis (30/7/2020).

Sebanyak 96 kasus dilaporkan terjadi di ujung wilayah Xinjiang. Sementara itu, lima kasus terdapat di Provinsi Liaoning, satu kasus di Beijing dan tiga kasus lainnya merupakan kasus impor, menurut pernyataan Komisi Kesehatan Nasional, seperti dikutip dari ANTARA .

1. Tiongkok mengonfirmasi 84.165 kasus COVID-19 dengan 4.634 kematian

COVID-19 Kembali Kepung Xinjiang, Ada Tambahan 96 Kasus Baru!Ilustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Hong Kong, Tiongkok (ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato)

Tiongkok juga melaporkan 21 pasien COVID-19 tanpa gejala, yang turun dari 27 kasus dibanding kemarin.

Hingga Rabu 29 Juli 2020, Tiongkok mengonfirmasi 84.165 kasus COVID-19 dengan 4.634 kematian, demikian keterangan otoritas kesehatan.

Dari angka mutakhir yang menyumbang pertambahan infeksi COVID-19 di negeri tirai bambu itu, satu di antaranya adalah warga negara Indonesia yang menurut identifikasi adalah seseorang yang berusia 63 tahun.

Baca Juga: Ada 6 Kasus COVID-19 Baru, Xinjiang Kembali Lockdown

2. Temuan vaksin COVID-19 Tiongkok dinilai terdepan

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Naik Drastis, Kasus Penyelewengan Bansos COVID-19 Kini Jadi 102
  • 4 Juta ASN Bakal Dapat Gaji ke-13 pada Agustus, Kamu Termasuk Gak?
  • Polisi Bantah Komentar Ayah Yodi Prabowo tentang Baju Tanpa Darah 

COVID-19 Kembali Kepung Xinjiang, Ada Tambahan 96 Kasus Baru!Ilustrasi Vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Meskipun Tiongkok merupakan negara pertama ditemukannya kasus virus corona, dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, jumlah kasus dan korban meninggal akibat COVID-19 jauh di bawah angka yang dialami Amerika Serikat.

Dalam lomba global penemuan vaksin COVID-19, Tiongkok dinilai yang terdepan. Salah satu perusahaan farmasi terkemuka di negara yang melahirkan aktris luar biasa Gong Li itu mengumumkan kini sedang melakukan uji klinis terakhir dan mengaku bisa menghasilkan vaksin siap pakai pada akhir 2020.

3. Kasus pertama di Xinjiang setelah kurang lebih 149 hari tidak melaporkan ada penularan

COVID-19 Kembali Kepung Xinjiang, Ada Tambahan 96 Kasus Baru!Ilustrasi sekolah di daerah Xinjiang, Tiongkok (/Uni Lubis)

Media pemerintah Tiongkok memberitakan bahwa kasus COVID-19 terbaru mulai dideteksi pada Rabu 15 Juli 2020. Otoritas Tiongkok mengatakan ini adalah kasus pertama di Xinjiang setelah kurang lebih 149 hari tidak melaporkan ada penularan virus.

Seorang pengusaha yang baru kembali dari Provinsi Zhejiang ternyata membawa virus. Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit Tiongkok menghubungi laki-laki itu untuk menginformasikan bahwa dia harus melakukan tes COVID-19. Rupanya hasil tes menunjukkan dia positif asimtomatik.

Pada Kamis 16 Juli 2020, seorang perempuan berusia 24 tahun dinyatakan positif COVID-19 walau tidak memperlihatkan gejala sama sekali. Pelacakan kontak pun dilakukan. Hasilnya adalah tiga orang turut dikonfirmasi positif dengan kondisi sama yaitu asimtomatik.

Baca Juga: Jokowi Yakin Pemulihan Ekonomi RI Lebih Cepat dari Tiongkok 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *