CEK FAKTA: Tidak Benar Mi Instan Utuh Ditemukan di Tubuh Pasien saat Operasi Usus

Beredar sebuah video operasi yang diklaim sebagai upaya pengangkatan mi instan yang tidak bisa dicerna oleh usus.

Video tersebut diunggah akun Facebook Wajah Informasi pada 27 Juni 2020. Dalam video terlihat dua tenaga medis yang sedang mengeluarkan benda menyerupai mi dari usus seorang pasien.

cek fakta tidak benar mi instan utuh ditemukan di tubuh pasien saat operasi usus

©2020 Liputan6.com

Unggahan akun Facebook Wajah Informasi disertai dengan narasi sebagai berikut:

“Masih Berani Sama Mie Instant”

Penelusuran

Cek Fakta menelusuri klaim upaya pengangkatan mi instan yang tidak bisa dicerna oleh usus. Penelusuran dilakukan menggunakan Google Search dengan menulis kata kunci “video operasi usus karena mie”.

Hasilnya dalam artikel medcom.id, yang dimuat pada 7 November 2017 berjudul ” Video Operasi Bedah Usus Mengeluarkan Mie Instan? Ini Faktanya “.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut adalah asli. Namun, narasi yang menyebut video tersebut adalah operasi bedah usus pengangkatan mi instan karena tidak bisa dicerna merupakan hoaks. Faktanya, video tersebut menunjukkan proses operasi pengangkatan cacing parasit. Objek panjang seperti mi yang terlihat dalam video adalah cacing parasit dalam usus.

Video identik ditemukan pada kanal Youtube DetaDoctor. Kanal itu mengunggah video itu dengan judul “Removal operation intestinal worms parasites from human” atau dengan terjemahan bahasa Indonesia “Operasi pengangkatan parasit cacing usus pada manusia”. Video itu tayang pada 4 Juni 2013.

Kemudian dilansir dari Organisasi cek fakta India, Alt News , video tersebut juga pernah beredar di India. Alt News menghubungi Dr. Ruparel, yang merupakan ahli bedah umum. Dia menyatakan, klaim yang beredar salah.

“Ini jelas bukan mi. Tidak mungkin, mereka terlalu utuh. Setelah di perut, mi akan berubah menjadi bentuk cair karena jus lambung. Ini adalah cacing gelang yang umum dalam sistem pencernaan manusia. Video ini, dan yang serupa lainnya, telah banyak beredar di media sosial, tetapi klaim itu tidak benar.”

Kemudian menurut Dr Yogesh Harwani, ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Noble Gastro, Ahmedabad menyebutkan video tersebut menunjukkan penyumbatan atau obstruksi usus kecil karena cacing.

“Video ini menunjukkan obstruksi usus kecil karena cacing. Infeksi ini terjadi maksimum di negara berkembang. Biasanya, manusia terinfeksi dengan memakan makanan mentah atau anak-anak terinfeksi setelah bermain di tanah yang terkontaminasi. Cacing dapat menyebabkan penyumbatan usus, kehilangan darah dan sakit perut yang parah, “katanya.

Kesimpulan

Klaim video operasi usus yang mengeluarkan mi instan karena tidak bisa cerna adalah keliru. Faktanya video tersebut menunjukkan proses operasi pengangkatan cacing parasit dalam usus.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *