CEK FAKTA: Hoaks Tes Swab Covid-19 Bisa Merusak Otak

Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan tes swab usap hidung Covid-19 dapat merusak otak.

Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook yang bernarasi tes swab usap hidung dapat membahayakan sawar darah otak. Sebab swab dilakukan di pada penghalang darah otak.

hoaks tes swab covid 19 merusak otak

factcheck.afp.com

Penelusuran

Cek Fakta menelusuri klaim tes swab Covid-19 bisa membahayakan otak. Dilansir dari AFP, berjudul ” Health experts say COVID-19 swab tests are safe and do not damage the blood-brain barrier ” klaim tersebut menyesatkan.

Pakar kesehatan mengatakan tes swab Covid-19 aman dan tidak merusak penghalang darah-otak.

“Usap tidak ditempatkan pada penghalang darah otak dan tidak membahayakan penghalang otak darah dan dengan demikian tidak menimbulkan ancaman bagi sistem saraf kita,” Profesor John Dwyer, seorang ahli imunologi dan Profesor Emeritus di Universitas New South Wales, mengatakan kepada AFP. dalam email 10 Juli.

Sementara itu, Profesor John Mathews, seorang ahli epidemiologi di University of Melbourne, juga menyatakan bahwa swab PCR “tidak mengganggu penghalang darah otak dengan cara apa pun.”

“Penyeka nasofaring rutin untuk menguji virus lain atau untuk hasil laboratorium lainnya telah dikumpulkan dengan aman selama bertahun-tahun,” katanya dalam email ke AFP pada 10 Juli.

Kesimpulan

Klaim tes swab Covid-19 bisa membahayakan otak adalah tidak benar. Pakar kesehatan mengatakan tes swab Covid-19 aman dan tidak merusak penghalang darah otak.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *