CEK FAKTA: Hoaks Mobil Kayu Bertuliskan Esemka

Sebuah foto mobil kayu yang berada di hutan beredar di media sosial Facebook . Di badan mobil tersebut, terdapat logo dan tulisan Esemka.

foto mobil bertuliskan esemka

” Grup ini aku tinggalin dlu, mau pokus pilkada disolo .”

Penelusuran

Penjelasan terkait foto mobil kayu dengan tulisan esemka di badan mobil, dijelaskan dalam artikel turnbackhoax berjudul “[SALAH] Foto Mobil Esemka Berbahan Dasar Kayu” pada 23 Juli 2020.

Turnbackhoax mencoba melakukan penelusuran melalui mesin pencari gambar milik google, diketahui bahwa foto serupa pernah diunggah oleh steemit.com pada 8 Desember 2018. Dalam artikelnya, steemit.com memberi keterangan bahwa mobil pada foto tersebut sangat unik karena terbuat dari kayu. Pada foto tersebut tidak terdapat tulisan “esemka” seperti halnya yang beredar di Facebook.

foto mobil bertuliskan esemka

Jika mengacu kepada foto asli, unggahan @EdiTansil sudah melalui proses penyuntingan dan masuk dalam kategori manipulated content. Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan oleh sebuah media.

Kesimpulan

Foto mobil terbuat dari kayu dengan tulisan esemka di badan mobil adalah hoaks. Foto mobil bertuliskan esemka adalah hasil editan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *