CEK FAKTA: Hoaks Minum Air Dingin saat Haid Menyebabkan Kanker Rahim dan Kista

Beredar informasi di media sosial yang menyarankan aktivitas harus dihindari wanita saat sedang menstruasi mulai dari dilarang minum air dingin, air soda dan kelapa saat haid sampai dilarang makan mentimun.

narasi tersebut diklaim dapat menyebabkan kanker rahim dan kista jika dilakukan saat menstruasi atau haid.

hoaks minum air dingin saat haid menyebabkan kanker rahim dan kista

AFP Indonesia

Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook dengan narasi sebagai berikut:

Berhati-hati lah :
#PARA_WANITA_SEDANG_DATANG_HAID

Share untuk para wanita (Bila pria yang menerima tolong di teruskan ke wanita), jika wanita sedang HAID maka sekali-kali jangan lakukan 4 hal ini :
1. Jangan minum air es, air soda dan kelapa saat haid…

2. Jangan keramas pada saat sedang haid, karena pori-pori di kepala terbuka, bisa menyebabkan sakit kepala (kena angin kepala), sangat berbahaya, efek ini bisa di rasakan saat muda dan saat tua nanti…

3. Jangan makan mentimun saat sedang haid, karena getah yang ada pada mentimun bisa menyebab kan haid tersisa di dinding rahim…

4. Selain itu saat sedang haid, tubuh tidak boleh terbentur, terjatuh dan terpukul oleh benda-benda keras terutama bagian perut, karena bisa menyebab kan muntah darah, rahim bisa terluka…

Dan ini lah ‘ASAL-USUL KANKER RAHIM’

Riset membuktikan, minum es saat haid bisa menyebab kan darah haid tersisa di dinding rahim…
Setelah 5-10 tahun dapat menyebab kan ‘KISTA dan KANKER RAHIM’…

Penelusuran

Cek Fakta menelusuri klaim mengonsumsi air dingin, soda dan air kelapa saat haid memicu kista dan kanker rahim.

Dilansir dari detik.com berjudul ” Minum Air Es Saat Haid Bisa Picu Kista dan Kanker Rahim? ” dimuat pada 7 Februari 2017.

dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan, kabar yang tersebar merupakan berita yang salah dan hanya mitos. Sebab, menurut dr Erza kista maupun kanker rahim merupakan pertumbuhan yang tidak normal, bukan karena konsumsi minuman, termasuk saat haid.

“Kalau misalnya terbentuk kantong berisi cairan itu namanya kista. Sedangkan kalau membesar dan padat itu namanya tumor dan itu nggak ada hubungannya dengan minum air es,” kata dr Erza kepada detikHealth, Senin (6/2/2017).

Ia menjelaskan, kista, tumor dan kanker rahim dapat terjadi pada seseorang karena faktor genetik. Tapi selain itu, ada juga pengaruh gaya hidup yang tidak sehat, misalnya jarang olahraga, merokok dan mengonsumsi alkohol.

“Tapi itu (kista, tumor dan kanker rahim) masih diperdebatkan juga kira-kira apa penyebabnya,” sambung dokter yang juga praktik di RS Pendidikan Universitas Airlangga ini.

Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, dr Sita Ayu Arumi SpOG dari RS Bunda Jakarta juga mengatakan saluran pencernaan dan saluran reproduksi seseorang berbeda, sehingga apapun yang dikonsumsi tidak berpengaruh terhadap darah haid yang dikatakan tersisa di dinding rahim.

Sementara, pada poin lain di broadcast yang sama disebutkan keramas pada saat haid dapat berbahaya. Karena dapat menyebabkan sakit kepala diakibatkan pori-pori kepala yang sedang terbuka saat haid.

Menanggapi hal ini, dr Erza mengatakan, wanita saat sedang haid memang akan merasakan hal-hal yang tidak nyaman seperti sakit kepala. Hal tersebut berkaitan dengan premenstrual syndrome (PMS) dan bukan disebabkan oleh keramas.

Sedangkan, kabar ketika haid tubuh tidak boleh terbentur atau terjatuh di daerah perut karena dapat menyebabkan muntah darah dan rahim terluka, menurut dr Erza merupakan hal yang salah.

“Kalau jatuh, terbentur suatu benda pasti luka entah luka sobek atau perdarahan di dalam dan ngebahayain rahim pasti. Itu nggak ada hubungan dengan haid,” imbuh dr Erza.

“Kalau haid dan terjadi perdarahan justru itu merupakan salah satu proses yang alami. Karena haid itu kan peluruhan lapisan endometrium,” pungkas dr Erza.

Kemudian dilansir dari AFP Indonesia terkait klaim Jangan makan mentimun saat sedang haid, karena getah yang ada pada mentimun bisa menyebabkan haid tersisa di dinding rahim. Klaim yang tidak mendasar.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi di RS Siloam, Christofani Ekapatria, mengatakan: “Saya tidak menemukan dasar keilmuannya.” Dia menambahkan bahwa haid “bukan tersisa [di dinding rahim] tapi terjadi penebalan karena hormon progesteron tidak turun karena tidak ada ovulasi.”

Kesimpulan

Klaim mengenai apa saja yang harus dihindari oleh seorang perempuan saat menstruasi mulai dari dilarang minum air es, soda sampai kelapa untuk menghindari penyakit kista dan kanker rahim, adalah salah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *