CEK FAKTA: Hoaks Foto Presiden Jokowi Memegang Youtube Silver Play Button

Beredar foto Presiden Joko Widodo sedang memegang plakat Youtube Silver Play Button di media sosial Twitter. Foto tersebut muncul setelah kasus Covid-19 di Indonesia melewati angka 100.000 kasus.

unggahan foto jokowi pegang plakat youtube

Twitter

” Selamat pak jokowi 100k-nya ,” tulis akun Twitter @pondoxcina.

Penelusuran

Menurut penelusuran foto tersebut adalah hoaks. Dalam artikel antaranews berjudul ” Jokowi dapat Youtube Silver Play Button terkait COVID-19? Cek faktanya” pada 28 Juli 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut adalah hasil editan.

“YouTube Silver Play Button merupakan penghargaan dari platform berbagi video YouTube kepada para pemilik akun (channel) yang telah mempunyai jumlah penonton tetap (subscribers) hingga 100.000 akun lain.

Unggahan Twitter tersebut merupakan unggahan satir menyusul kasus COVID-19 di Indonesia yang terkonfirmasi hingga Selasa (28 Juli 2020) di Indonesia mencapai 100.303 kasus.

foto jokowi membagikan surat tanah di jakarta

antaranews.com

Konten yang dibagikan oleh akun tersebut, merupakan foto yang telah dimanipulasi berdasarkan foto karya Pewarta Foto ANTARA Akbar Nugroho Gumay saat Presiden Jokowi membagikan sertifikat tanah untuk rakyat di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta , pada 22 Februari 2019.

Kesimpulan

Foto Presiden Jokowi sedang memegang plakat Youtube Silver Play Button adalah hoaks. Foto tersebut merupakan hasil editan, yang sebelumnya merupakan foto Presiden Jokowi saat membagikan sertifikat tanah di Gelanggang Remaja Pasar Minggu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *