CEK FAKTA: Hoaks Foto Jokowi dengan Latar Tembok Bertuliskan Utang Karya Terbaik

Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dengan latang belakang tembok bertuliskan karya terbaik pemerintah adalah utang

Foto tersebut diunggah akun Facebook Roel, pada 23 Juli 2020. Dengan narasi sebagai berikut:

“Kurang ajar nih yg moto”

salah foto jokowi berlatar belankang tulisan karya terbaik pemerintah utang

©2020 Liputan6.com

Terlihat Presiden Jokowi menggunakan kemeja putih panjang dan celana panjang hitam. Dalam foto tersebut terdapat tempok bertuliskan, “KARYA TERBAIK PEMERINTAH ADALAH HUTANG”

Penelusuran

Cek Fakta menelusuri klaim foto Presiden Jokowi dengan latar belakang tembok bertuliskan “karya terbaik pemerintah adalah utang”.

Penelusuran dilakukan menggunakan Google Image. Terdapat foto identik saat Presiden Jokowi meninjau kebakaran hutan di Riau, 17 September 2019.

salah foto jokowi berlatar belankang tulisan karya terbaik pemerintah utang

Seperti dilansir dari artikel foto berjudul “FOTO: Tanpa Masker, Jokowi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan di Pekanbaru” yang dimuat situs liputan6.com , pada 17 September 2019.

Selain itu, dalam artikel berjudul “Jokowi Tinjau Karhutla Riau: Kalau Sudah Kejadian Sulit Memadamkan”. Saat itu Presiden Jokowi meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan Riau, Selasa (17/9). Jokowi menegaskan pentingnya menjaga komitmen agar karhutla tak terjadi lagi.

“Saya tanya tadi TNI /Polri yang ada di sini sudah berapa hari, sudah lebih dari 1 bulan. Kalau sudah kejadian sulit memadamkannya apalagi di daerah gambut seperti sekarang ini, lebih sulit lagi, kelihatan sudah padam bawahnya (tapi) apinya masih menganga,” ujar Jokowi dikutip dari setkab.go.id, Selasa (17/9).

Ia menegaskan bahwa tindakan hukum bagi pelaku karhutla, yang ditangani langsung oleh Polri maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Nanti kita lihat sebetulnya ini kesengajaan yang terorganisasi atau memang rakyat yang ingin berkebun. Kalau kita lihat luasannya besar sekali, ini terorganisasi. Nanti Polri coba ditanyakan ke Pak Kapolri penanganannya secara detail,” jelasnya.

Jokowi kembali mengingatkan agar Desa, Camat, Bupati, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek, Koramil melakukan pencegahan apabila ada karhutla. Sebab, apabila sudah kejadian ada api di satu titik maka akan susah memadamkannya.

“Ini termasuk masih mudah, banyak lapangan-lapangan yang lebih sulit dari ini,” ucapnya.

Saat meninjau karhutla di Riau, Jokowi didampingi Menko Polhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Penelusuran dilanjutkan dengan menelusuri tembok latar belakang Presiden Jokowi berdiri menggunakan Google Image.

Hasil penelusuran mengarah pada sejumlah situs media sosial diunggah sejumlah nitizen, sebagai kritik sosial dari seni urban. Salah satunya diunggah akun Twitter Irawan Djoko Nugroho @irawan_djoko.

Dalam tersebut memperlihatkan tembok yang bertuliskan ” karya terbaik pemerintah adalah hutang”. Namun, tidak terdapat foto presiden Jokowi.

Kesimpulan

Klaim foto Presiden Jokowi dengan latar belakang bertuliskan karya terbaik pemerintah adalah utang keliru. Faktanya foto tersebut hasil suntingan dari foto sebenarnya saat Presiden Jokowi meninjau kebakaran hutan di Riau pada 17 September 2019.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *