Baru 2,3 Persen Debitur yang Dapat Selisih Subsidi Bunga KPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat sudah ada 4.067 unit rumah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang mendapat subsidi selisih bunga (SSB). Adapun jumlah itu setara 2,3 persen dari target sebanyak 175.000 rumah.

“SSB sebanyak 175.000 unit. Baru 2,32 persen jadi masih sangat banyak,” kata Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Eko Djoeli Herilpoerwanto, dalam diskusi virtual di Jakarta , Rabu (29/7).

Dia menambahkan, program ini merupakan langkah pemerintah mengatasi permasalahan berikut rumahan yang disebabkan pandemi covid. Adapun pembiayaan dikeluarkan untuk subsidi bunga ini mencapai sebesar Rp1,5 triliun.

“Di masa pandemi ini Pemerintah berikan ancang-ancang antisipasi keadaan ini di Maret awal pemerintah tambahkan alokasi untuk bantuan Rp1 triliun,” jelas dia.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, Wakil Kementerian Keuangan Suahasil Nazara menambahkan, pemberian subsidi selisih bunga ini merupakan salah satu realisasi dari program pemulihan ekonomi nasional. Di mana pemerintah menganggarkan Rp695 triliun untuk di berbagai sektor.

“Sektor perumahan dapat subsidi bunga dari PEN,” kata dia.

Dia menambahkan, subsidi bunga akan diberikan untuk para debitur KPR bank dengan rumah tipe 21 sampai tipe 70. Nantinya pihaknya akan bekerjasama dengan OJK dan perbankan untuk mendata nasabah mana saja yang bisa mendapatkan subsidi.

“Artinya teman-teman yang punya KPR 70, seyogyanya KPRnya nama dan nasabah tercatat di OJK, dan OJK akan informasikan ke Kemneku dan Kemenkeu akan kerjasama ke perbankan, besaran subsidi untuk nasabah. Ini ada design seperti ini dan sekarang sedang berjalan,” tandas dia. [azz]

Baca juga:
Imbas Pandemi Covid-19, Pendapatan Sektor Properti Turun 50 Persen
Sektor Perumahan Diyakini mampu Dongkrak Pemulihan Ekonomi Nasional
Hadapi Pandemi, Pemerintah Dorong SMF Tingkatkan Sektor Perumahan
Pengajuan KPR Bank BTN Kini Bisa dari Rumah, Suku Bunga Mulai 3 Persen
Semester I-2020, SMF Telah Salurkan KPR ke 1 Juta Debitur
Akselerasi Bisnis, BTN Incar Karyawan Industri Jadi Nasabah KPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *