Alasan Pemerintah Jor-joran Bantu UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Pemerintah terus memberikan bantuan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah situasi pandemi Covid-19. Terbaru, pemerintah siap menyalurkan sejumlah program kepada pelaku usaha kecil dalam 2-4 pekan ke depan.

Sejak awal wabah virus corona bergulir, stimulus yang diberikan memang banyak berfokus pada UMKM. Lantas, apa alasan pemerintah terhadap kebijakan tersebut, sementara perusahaan besar juga banyak yang terpukul akibat pandemi?

Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah sebenarnya memperhatikan semua segmen pengusaha di Tanah Air, mulai dari level terkecil sampai besar.

Budi membeberkan, stimulus banyak diberikan kepada UMKM lantaran kesiapan dana yang dimilikinya mayoritas hanya untuk jangka pendek. Selain itu, secara jumlah pelaku UMKM juga memainkan peran penting dalam perekonomian nasional.

“Memang kami pantau juga bahwa pengusaha di level UMKM tabungannya tidak sebanyak pengusaha yang besar. Pengusaha di UMKM ini walau kecil tapi jumlahnya sangat banyak, sehingga secara agregat kontribusi ke ekonomi juga besar,” tuturnya dalam sesi teleconference di Istana Negara, Jakarta , Rabu (29/7).

1 dari 1 halaman

Serap Tenaga Kerja

kerja

Menurut dia, pengusaha UMKM juga menyerap tenaga kerja yang sangat banyak sehingga jadi prioritas pemerintah. Oleh karenanya, presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah memberi arahan untuk menolong para pengusaha kecil yang kegiatannya mati akibat krisis ini.

“Kami tetap perhatikan segmen lain di pengusaha Indonesia. Tapi fokus pemerintah, arahan presiden tetap agar kita fokus ke UMKM,” pungkas Budi.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

[idr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *