23 Pegawai BPJS Kesehatan di Medan Positif Covid-19, Pelayanan Dilakukan Online

Pelayanan tatap muka di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan, Jalan Karya, Karang Berombak, Medan Barat, masih dihentikan sementara. Kebijakan ini diperpanjang setelah pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 23 orang.

“Benar 23 orang positif Covid-19, saat ini mereka isolasi mandiri karena tanpa gejala. Para pegawai diketahui terinfeksi virus corona setelah dilakukan swab massal baru-baru ini,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan Sari Quratul Ainy, Rabu (29/7).

Tes swab massal lanjutan itu dilakukan setelah masa isolasi 9 pegawai yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 selesai. “Karena termasuk kasus konfirmasi tanpa gejala, maka sesuai protokol untuk return to work dilaksanakan swab ulang,” jelas Sari.

Dia memaparkan pelayanan tatap muka di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan Jalan Karya, Karang Berombak, Medan Barat, dihentikan hingga masa isolasi selesai. Namun kapan layanan kantor BPJS Kesehatan bisa kembali normal belum dapat dipastikan. Mereka masih menunggu hasil swab dari para pegawai yang telah menjalani isolasi.

“Minggu ini kami menunggu hasil swab teman-teman yang sudah selesai masa isolasinya dulu. Baru kemudian diputuskan pelayanan langsung kapan bisa dibuka kembali,” jelasnya.

Pelayanan administrasi secara langsung di BPJS Kesehatan Cabang Medan dialihkan menggunakan layanan online melalui Whatsapp pada hari kerja, Senin hingga Jumat pukul 08.00-15.00 Wib. Untuk pelayanan informasi dan keluhan bisa peserta dapat menghubungi nomor 08116291001 dan 08116081002. Sementara untuk layanan administrasi pada nomor 08116791003, 08116371004, dan 08116791005.

“Layanan administrasi dan informasi juga dapat dilakukan melalui BPJS Care Center 1500 400 dan aplikasi Mobile JKN. Segala pengurusan administrasi BPJS Kesehatan tidak dikenakan biaya,” pungkas Sari.

Pihak BPJS Kesehatan Cabang Medan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan. Mereka membuat laporan berkala terkait kondisi dan penanganan pegawai.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan, dr Mardohar Tambunan mengatakan mereka tengah melakukan penelusuran kontak erat atau tracing terhadap 23 pegawai yang positif Covid-19 di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan.

“Ternyata domisili para pegawai tak semuanya tinggal di Medan, ada juga di Deliserdang. Karena itu, kita koordinasi dan harapkan pihak Gugus Tugas di sana (Deli Serdang) dapat bergerak cepat sehingga dapat diketahui siapa saja yang kontak erat,” tandasnya. [eko]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *