Sirkuit Mandalika Uji Lintasan April 2021, Indonesia Siap Gelar MotoGP

Jakarta, – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Moh Faozal, membantah rumor yang menyebutkan pembangunan  Sirkuit Mandalika tertunda akibat pandemik COVID-19.

Menurutnya sirkuit yang berlokasi di Lombok tersebut siap menjalani uji coba lintasan ada April 2021. “Jadi semua berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan,” kata Faozal seperti dikutip ANTARA, Rabu (29/7/2020).

1. Pembangunan Sirkuit Mandalika untuk ajang MotoGP tetap berjalan

Sirkuit Mandalika Uji Lintasan April 2021, Indonesia Siap Gelar MotoGPSirkuit Moto GP Mandalika, Lombok. /Sunariyah

Walaupun grafik penularan virus COVID-19 belum turun di Indonesia, Faozal memastikan jika pembangunan Sirkuit Mandalika bakal masih tetap berjalan. Sehingga, ajang balap motor paling elite di dunia itu bisa tetap digelar di sana.

“Saya kira membangunan sirkuit tak ada penundaan, apalagi penyelenggara MotoGP dan pemerintah sudah terikat perjanjian. Jadi tanda tangan ini bukan lagi dengan daerah NTB, tapi sudah negara melalui Presiden,” ujar Faozal.

2. Pembangunan sirkuit tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Rapid Test, Arema FC Pastikan Semua Pemain dan Karyawan Non Reaktif  
  • Jaga Kebugaran, Persela Keliling Kampung Gelar Laga Persahabatan
  • 20 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Gol Terbanyak di Abad 21, Fantastis!

Sirkuit Mandalika Uji Lintasan April 2021, Indonesia Siap Gelar MotoGPSirkuit MotoGP Mandalika (/Kevin Handoko)

Sejauh ini, dia mengakui jika perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 50 persen. Bahkan, dia memastikan jika sirkuit dengan lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan total 17 tikungan tersebut bisa sudah dalam tahap pengaspalan.

Yang pasti, Faozal menggaransi jika seluruh aktivitas pembangunan sirkuit MotoGP tersebut dijalankan sesuai dengan SOP dan protokol kesehatan COVID-19. Sebab, semua negara juga terkena dampak dari virus berbahaya tersebut, tapi mereka juga masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa walau dengan beberapa aturan yang berlaku.

3. Kementerian PUPR tangan membantu menyiapkan jalan menuju bandara

Sirkuit Mandalika Uji Lintasan April 2021, Indonesia Siap Gelar MotoGP/Sunariyah

Gubernur NTB Zulkieflimansyah sebelumnya mengungkapkan hal serupa terkait progres pembangunan Sirkuit Mandalika. Menurut dia, semuanya masih berjalan sesuai treknya, dengan kata lain tak menemukan kendala berarti.

Di sisi lain, fasilitas pendukung lainnya pun tengah mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sebut saja infrastruktur jalan sampai dengan bandara menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada pertengahan taun ini. Sehingga, pergelaran MotoGP nanti bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Garap MotoGP di Mandalika, ITDC Butuh 7.500 Tenaga Kerja 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *