Selain Pinjaman Modal Rp2,4 Juta, UMKM Bisa Dapat Kredit Bunga Rendah

Jakarta, – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah telah menyiapkan insentif kepada korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Insentif itu diberikan guna mempercepat penyerapan anggaran untuk pemulihan ekonomi nasional.

Insentif yang diberikan pemerintah itu berupa kredit atau pinjaman, agar korban PHK bisa membuka usaha untuk meningkatkan perekonomian.

“Ini bukan grant , tapi kredit alias pinjaman. Menggunakan mekanisme yang sudah ada, dan kita akan targetkan ke pengusaha-pengusaha yang diutamakan adalah pengusaha yang terkena PHK dan pengusaha yang memiliki usaha rumah tangga,” ujar Budi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (29/7/2020).

1. Pinjaman modal berbunga rendah diberikan kepada korban PHK untuk membuka usaha

Selain Pinjaman Modal Rp2,4 Juta, UMKM Bisa Dapat Kredit Bunga RendahIlustrasi (/Arief Rahmat)

Budi menjelaskan, target program kredit berbunga rendah itu akan diberikan kepada pengusaha baru yang sebelumnya terkena PHK dan juga pengusaha rumah tangga. Program bantuan berbunga rendah itu akan diintegrasikan dengan bantuan modal kerja berupa uang tunai sebesar Rp2,4 juta per UMKM.

“Sehingga, akan kami berikan dulu program UMKM-nya untuk mereka yang baru di-PHK atau yang baru memulai usaha,” jelas dia.

Sasaran bantuan itu ialah 12 juta UMKM se-Indonesia. Bantuan tersebut sudah diinstruksikan Presiden Jokowi sejak beberapa minggu lalu. 

“Arahan presiden, usahakan cepat mulai dan secara bertahap bisa dinaikkan secara bertahap menjadi 10-12 juta UMKM yang bisa mendapat bantuan usaha ini. Ini adalah fokus kami pertama, akan langsung kami berikan secara bertahap,” kata Budi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Vaksin COVID-19 Buatan Dalam Negeri Ditargetkan Mulai Diproduksi 2022 
  • Ini Investasi yang Tepat Kamu Koleksi dan Jual saat Resesi
  • Qatar Airways Layangkan Arbitrase Lawan 4 Negara Arab 

2. Pinjaman berbunga rendah yang diberikan untuk UMKM yang bisnisnya sudah jalan Rp2 juta

Selain Pinjaman Modal Rp2,4 Juta, UMKM Bisa Dapat Kredit Bunga RendahIlustrasi UMKM. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Apabila usahanya sudah mulai berjalan, lanjut Budi, maka kredit berbunga rendah itu akan diberikan kepada UMKM. Pinjaman yang diberikan kepada pemerintah sebesar Rp2 juta.

“Kredit ini diharapkan besarnya Rp2 juta, untuk masing-masing keluarga dan kita bisa tambahkan sesuai kebutuhan modal kerja mereka,” ucap Budi.

3. Pemerintah harap bantuan dapat menjaga pendapatan masyarakat

Selain Pinjaman Modal Rp2,4 Juta, UMKM Bisa Dapat Kredit Bunga Rendah/Shemi

Dengan adanya dua bantuan tersebut, lanjut Budi, pemerintah berharap bisa menjaga pendapatan masyarakat. Ia juga berharap bisa meningkat ekonomi masyarakat.

“Bantuan ini bisa digunakan mereka untuk awal modal kerja usaha produktif dan nanti akan kami tambah dengan kredit berbunga rendah untuk mereka yang sudah mulai berusaha,” ungkap Budi.

Baca Juga: Kredit Modal Kerja UMKM Bakal Dijamin Pemerintah demi Pacu Pemulihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *