Libur Idul Adha, PT KAI Operasionalkan Kereta Mutiara Selatan  

Madiun, – PT KAI (Persero) memprediksi lonjakan penumpang terjadi pada masa liburan Hari Raya Idul Adha 1441 H atau 2020 pada akhir pekan, 31 Juli 2020 hingga 2 Agustus 2020. Oleh karena itu, kereta api Mutiara Selatan dengan relasi Gambir (Jakarta)-Malang dan sebaliknya dioperasionalkan kembali.  

Kereta yang sebelumnya dihentikan karena dampak pandemik COVID-19 ini dijadwalkan berangkat dari Jakarta menuju Malang pada Kamis (30/7/2020). Adapun keberangkatan dari Stasiun Madiun diagendakan pada pukul 08.05 WIB. Sedangkan relasi sebaliknya atau Malang-Gambir dijadwalkan pada Minggu (2/8/2020) dan berangkat dari Stasiun Madiun pukul 22.07 WIB.

1. Protokol kesehatan tetap dijalankan  

Libur Idul Adha, PT KAI Operasionalkan Kereta Mutiara Selatan  Tanda jaga jarak dipasang di depan pintu masuk ruang tunggu pasien Stasiun Madiun. Dok./Istimewa

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan bahwa penambahan perjalanan kereta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang memanfaatkan long weekend . Namun pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan lantaran masih berlangsung pandemik COVID-19.

Bagi calon penumpang harus mengantongi surat keterangan bebas COVID-19, wajib memakai masker, suhu badan tidak melebih 37,3 derajat celsius, kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas).

“Kami juga mengimbau agar pelanggan memakai pakaian lengan panjang saat hendak menempuh perjalanan,” kata Ixfan, Rabu (29/7/2020).

2. Face shield bagi penumpang dewasa disediakan PT KAI

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Naik Drastis, Kasus Penyelewengan Bansos COVID-19 Kini Jadi 102
  • 4 Juta ASN Bakal Dapat Gaji ke-13 pada Agustus, Kamu Termasuk Gak?
  • Polisi Bantah Komentar Ayah Yodi Prabowo tentang Baju Tanpa Darah 

Libur Idul Adha, PT KAI Operasionalkan Kereta Mutiara Selatan  Penumpang kereta wajib wajib memakai face shield saat perjalanan. Dok./Istimewa

Selain itu, penumpang kereta jarak jauh juga diwajibkan memakai face shield selama di dalam kereta hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Khusus bagi penumpang dewasa, salah satu alat pelindung diri (APD) ini disediakan oleh PT KAI. Sedangkan bagi anak-anak dengan usia di bawah tiga tahun disarankan untuk membawa sendiri.

“Semoga masyarakat dapat terbantu dengan hadirnya kereta Mutiara Selatan dalam menyambut masa liburan Idul Adha,” kata Ixfan.

Baca Juga: Mudik Dilarang, 14 Ribu Tiket Kereta Api Dibatalkan di Daop Madiun

3. Tarik minat warga, PT KAI berikan diskon

Libur Idul Adha, PT KAI Operasionalkan Kereta Mutiara Selatan  Satu rangkaian kereta sedang berhenti di Stasiun Madiun. Dok./Istimewa

Bagi calon penumpang yang berencana mudik maupun balik dengan menggunakan kereta Mutiara Selatan, ia menambahkan, PT KAI memberikan diskon. Tiket kelas eksekutif yang biasanya Rp650 ribu menjadi Rp500 ribu. Sedangkan untuk kelas ekonomi yang sebelumnya Rp450 ribu menjadi Rp300 ribu.  

“Juga tersedia tarif untuk relasi Gambir-Bandung serta Bandung-Gambir. Yaitu Rp120 ribu untuk elas eksekutif dan ekonomi Rp85 ribu,” ucap Ixfan.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona PT KAI Daop Madiun Pasang Hand Sanitizer 

Nofika Dian Nugroho PhotoVerified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *