7 Pemenang Liga Champions sebagai Pelatih dan Pemain, Jago Abis!

Berhasil menjuarai Liga Champions adalah suatu prestasi yang luar biasa dan akan lebih istimewa, jika berhasil meraihnya sebagai pemain dan pelatih.

Saat ini ada 7 pemenang Liga Champions yang berhasil juara sebagai pemain dan pelatih. Siapa saja mereka? Ayo, baca di sini.

1. Miguel Munoz

7 Pemenang Liga Champions sebagai Pelatih dan Pemain, Jago Abis!fifa.com

Legenda pelatih dan pemain Real Madrid, Miguel Munoz merupakan bagian tim Real Madrid yang menjuarai 3 edisi pertama Liga Champions, tahun 1956, 1957 dan 1958.

Sebagai pelatih Munoz menjuarai bersama Real Madrid di tahun 1960 dan 1966. Munoz merupakan pemenang Liga Champions pertama sebagai pemain dan pelatih.

2. Giovanni Trapattoni

7 Pemenang Liga Champions sebagai Pelatih dan Pemain, Jago Abis!skysports.com

Giovanni Trapattoni berhasil memenangi Liga Champions saat menjadi pemain bersama AC Milan pada tahun 1963 dan 1969. Sebagai pelatih Trapattoni menjuarai Liga Champions bersama Juventus di tahun 1985 yang saat pertandingan final terjadi kerusuhan, yang dikenal sebagai tragedi Heysel.

3. Johan Cruyff

7 Pemenang Liga Champions sebagai Pelatih dan Pemain, Jago Abis!skysports.com

Legenda paling berpengaruh dalam sepak bola Belanda, Johan Cruyff sukses tiga kali mengangkat trofi Liga Champions bersama Ajax di tahun 1971, 1972 dan 1973. 19 tahun kemudian, Johan Cruyff yang menjadi pelatih Barcelona berhasil membawa raksasa Spanyol mengangkat trofi Liga Champions pertamanya.

Baca Juga: Carlo Ancelotti: Keputusan Napoli Memecat Saya Sudah Tepat

4. Carlo Ancelotti

7 Pemenang Liga Champions sebagai Pelatih dan Pemain, Jago Abis!skysports.com Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Rapid Test, Arema FC Pastikan Semua Pemain dan Karyawan Non Reaktif  
  • Jaga Kebugaran, Persela Keliling Kampung Gelar Laga Persahabatan
  • 20 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Gol Terbanyak di Abad 21, Fantastis!

Carlo Ancelotti pria asal Italia ini sukses besar sebagai pelatih dengan banyak melatih klub-klub besar. Bersama AC Milan dua kali memenangi Liga Champions di 2003 dan 2007 lalu saat melatih Real Madrid juga berhasil juara di 2014. Ancelotti merupakan satu dari tiga pelatih yang berhasil tiga kali menjuarai Liga Champions, dua lainnya Bob Paisley dan Zidane.

Ancelotti yang lebih dikenal sebagai pelatih hebat juga pernah memenangi Liga Champions sebagai pemain di tahun 1989 dan 1990 saat membela AC Milan.

5. Frank Rijkaard

7 Pemenang Liga Champions sebagai Pelatih dan Pemain, Jago Abis!tribuna.com

Frank Rijkaard tiga kali menjuarai Liga Champions, dua bersama AC Milan di tahun 1989 dan 1990 dan sekali dengan Ajax di 1995 yang menghadapi AC Milan di final dan merupakan pertandingan terakhirnya sebagai pemain.

Pada tahun 2006 Frank Rijkaard yang melatih Barcelona sukses mengantarkan Blaugrana sebagai juara dengan mengalahkan Arsenal di final.

6. Pep Guardiola

7 Pemenang Liga Champions sebagai Pelatih dan Pemain, Jago Abis!mancity.com

Dominasi Barcelona di Eropa dan La Liga sangat terasa saat dilatih Pep Guardiola yang berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions di tahun 2009 dan 2011.

Sebelum menikmati kejayaan di Liga Champions sebagai pelatih Barcelona, Pep Guardiola merupakan bagian tim Barcelona yang menjuarai Liga Champions saat dilatih oleh Johan Cruyff.

7. Zinédine Zidane

7 Pemenang Liga Champions sebagai Pelatih dan Pemain, Jago Abis!skysports.com

Zidane berhasil memenangi Liga Champions sebanyak empat kali, satu kali sebagai pemain Real Madrid di 2002 dan tiga kali berturut-turut sebagai pelatih Real Madrid di tahun 2016, 2017 dan 2018.

Itualah 7 pemenang Liga Champions sebagai pelatih dan pemain. Tak hanya hebat bermain di lapangan, mereka juga pandai meracik strategi.

Baca Juga: 7 Pembelian Termahal Zinedine Zidane di Real Madrid, Kurang Bersinar?

Ifan Wijaya PhotoVerified Writer Ifan Wijaya

Member Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *