Jokowi Bakal Pangkas 18 Lembaga, Ini Tiga Bocoran dari Moedoko  

Jakarta, – Presiden Joko “Jokowi” Widodo berencana memangkas 18 lembaga dan komisi dalam waktu dekat. Namun Jokowi belum memberitahu lembaga dan komisi apa saja yang akan dipangkas.

Mengenai perampingan 18 lembaga dan komisi tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan penyederhanaan birokrasi dilakukan agar pemerintah bisa bergerak lebih cepat. 

“Karena Presiden mengatakan kita bukan masuki sebuah area yang di mana dulu negara besar lawan negara kecil, negara lemah lawan negara berkembang. Sekarang adalah negara cepat, itu yang menang,” kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2020).

1. Kemenpan RB masih mengkaji 18 lembaga dan komisi

Jokowi Bakal Pangkas 18 Lembaga, Ini Tiga Bocoran dari Moedoko   Dok. Kantor Staf Presiden

Moeldoko mengatakan saat ini Menpan RB masih mengkaji 18 lembaga dan komisi yang akan dipangkas, termasuk mempertimbangkan apakah lembaga atau komisi itu masih diperlukan atau sebaliknya.

“Perlukah organisasi atau yang dikatakan kemarin 18 lembaga itu dihapus atau dievaluasi lagi agar kita betul-betul menuju sebuah efisiensi. Agar tidak gede banget hingga akhirnya fungsinya tidak begitu optimum,” kata Moeldoko.

2. Tiga lembaga dan komisi ini masuk daftar yang akan dipangkas

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Putra Ketiga Mbah Moen, Gus Kamil, Meninggal Dunia di Rembang
  • Ungkap Kasus Pembunuhan Editor Metro TV, 20 Saksi Diperiksa Maraton
  • Survei: Gen Z dan X Paling Banyak Konsumsi Internet Selama Pandemik

Jokowi Bakal Pangkas 18 Lembaga, Ini Tiga Bocoran dari Moedoko   Dok. Kantor Staf Presiden

Moeldoko kemudian mengungkapkan lembaga dan komisi yang kemungkinan masuk daftar perampingan, tiga di antaranya adalah Komisi Nasonal Lanjut Usia (Komnas Lansia), Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK), dan Badan Restorasi Gambut (BRG).

“Kira-kira seperti ini ya, Komisi Usia Lanjut. Ini gak pernah kedengaran kan apakah itu tidak dalam tupoksi Kemen PPPA. Kalau masih dalam cakupan kementerian itu mungkin bisa dipikirkan. Kemudian Badan Akreditasi Olahraga,” ungkap Moeldoko.

“Kemudian,” Moeldoko melanjutkan, “BRG (Badan Restorasi Gambut). Sementara ini perannya cukup bagus dalam ikut menangani restorasi gambut. Tapi nanti juga akan dilihat. BRG itu dari sisi kebakaran, apakah cukup ditangani BNPB. Dari sisi optimalisasi gambut untuk pertanian apakah cukup oleh Kementan.” 

3. Moeldoko sebut lembaga atau komisi yang akan dipangkas bisa saja digabung dengan kementerian

Jokowi Bakal Pangkas 18 Lembaga, Ini Tiga Bocoran dari Moedoko   Dok.Kantor Staf Presiden

Moeldoko mengatakan saat ini pemerintah sedang mengkaji apakah lembaga dan komisi tersebut akan dihilangkan atau digabungkan dengan kementerian. Semua kemungkinan sedang dikaji oleh Kemenpan RB.

“Adakah sebenarnya organisasi itu bisa diperankan oleh sektor lain yang sangat dekat dengan tupoksi sebuah lembaga kementerian. Kalau itu masih bisa ditangani kira-kira perlu dipertimbangkan,” ucapnya.

Baca Juga: Moeldoko: Jokowi Marah-marah Usai Melihat Indeks Ekonomi Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *