Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes

Hello sobat IDN healthies, siapa sih dari kita yang tidak ingin hidup sehat. Nah, kita tahu salah satu kunci hidup sehat ada di pola makan sehari-hari. Bukan hanya dilihat dari kuantitas tapi juga kualitas makanan yang kita konsumsi.

Tentu kita tidak asing dengan slogan 4 sehat 5 sempurna. Di mana terdapat pedoman untuk mengonsumsi makanan pokok sebagai sumber karbohidrat penghasil energi, lauk pauk sebagai sumber protein, sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral, serta disempurnakan dengan susu.

Namun, tahukah sekarang ini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), telah memberikan pedoman yang baru lho.

Apa saja isinya, yuk kenali 10 Pesan dalam Pedoman Gizi Seimbang berikut!

1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/buffetcrush

Cara menerapkan pesan ini adalah dengan mengonsumsi lima kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman. Semakin beragam jenis pangan yang dikonsumsi, semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi.

2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/pixel2013

Sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula, dan kolesterol darah. Selain itu juga menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

Mulai sekarang, yuk mulai sering-sering makan sayur dan buah.

3. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes pixabay/RitaE

Lauk pauk terdiri dari pangan sumber protein hewani dan nabati. Protein hewani mempunyai asam amino yang lebih lengkap dan mempunyai mutu zat gizi yaitu protein, vitamin dan mineral lebih baik, serta mudah diserap tubuh. Tetapi mengandung tinggi kolesterol (kecuali ikan) dan lemak.

Sementara protein nabati mempunyai keunggulan mengandung proporsi lemak tidak jenuh yang lebih banyak dibanding pangan hewani. Juga mengandung isoflavon, yaitu kandungan fitokimia yang turut berfungsi mirip hormon estrogen (hormon kewanitaan) dan antioksidan serta anti-kolesterol.

4. Biasakan mengonsumsi anekaragam makanan pokok 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/wuzefe

Cara mewujudkan pola konsumsi makanan pokok yang beragam adalah dengan mengonsumsi lebih dari satu jenis makanan pokok dalam sehari atau sekali makan.

5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/Pexels Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • 7 Alasan Kenapa Kulit Wajahmu Makin Bermasalah padahal di Rumah Aja
  • Virus Corona Bisa Cepat Usai, Ini 5 Cara yang Sudah Terbukti Berhasil
  • 8 Tahap Kondisi Pasien Virus Corona per Hari, hingga Hari ke-21

Permenkes No. 30 tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam dan Lemak serta Pesan Kesehatan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji menyebutkan bahwa konsumsi gula lebih dari 50 g (4 sdm), natrium lebih dari 2000 mg (1 sdt) dan lemak/minyak total lebih dari 67 g (5 sdm) per orang per hari akan meningkatkan risiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.

Jadi, yuk , mulai batasi asupan gula 4 sdm, garam 1sdt dan minyak/lemak 5 sdm per orang perhari.

Baca Juga: Kesulitan Menjaga Berat Badan Ideal? Ini Saran Dokter Spesialis Gizi!

6. Biasakan sarapan 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/Einladung_zum_Essen

Sarapan membekali tubuh dengan zat gizi yang diperlukan untuk berpikir, bekerja, dan melakukan aktivitas fisik secara optimal setelah bangun pagi. Sarapan sebelum jam 9 pagi dapat memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30 persen kebutuhan gizi).

7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/silviarita

Gangguan terhadap keseimbangan air di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan seperti konstipasi, infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, gangguan ginjal akut dan obesitas.

8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/27707

Nah, ini yang sering kita lewatkan. Label makanan yang dikemas sangat membantu konsumen untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam makanan tersebut. Selain itu dapat memperkirakan bahaya yang mungkin terjadi pada konsumen yang berisiko tinggi karena punya penyakit tertentu.

Jadi, jangan hanya label harga saja ya, yang dilihat.

9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/Couleur

Pentingnya mencuci tangan memakai sabun dengan air bersih mengalir untuk mencegah kuman dan bakteri berpindah dari tangan ke makanan yang akan dikonsumsi dan juga agar tubuh tidak terkena kuman, karena 45 persen penyakit diare bisa dicegah dengan mencuci tangan.

10. Aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal 

Catat ya, 10 Tips Gizi Seimbang untuk Kondisi Terbaikmu dari Kemenkes Pixabay/5132824

Dasar sederhana dalam mempertahankan berat badan normal yaitu seimbang kalori yang dimakan dan kalori yang digunakan (dibakar). Aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila seseorang melakukan latihan fisik atau olah raga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu. Aktivitas fisik yang teratur akan meningkatkan kesempatan hidup sehat lebih panjang. 

Nah, itu tadi 10 pesan dalam pedoman gizi seimbang yang bisa mulai diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, mulai dari sekarang atur pola hidup ke arah lebih sehat.

Baca Juga: Gizi Seimbang, Strategi Jitu untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

ilham bintoro Photo Writer ilham bintoro

@Festival, buku, enaa enak.

Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *